Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Lengkap RJ-45 dan RJ-11

Pengertian Lengkap RJ-45 dan RJ-11 - Jika kalian adalah seorang yang ahli dalam bidang IT/Networking, pasti kalian sudah sangat mengenal apa itu RJ-45 dan RJ-11. Tapi ada beberapa orang juga mungkin anak SMK yang baru mengenal dunia IT sehingga belum tahu apa itu RJ-45 dan RJ-11.

Jadi fungsi atau kegunaan RJ-45 dan RJ-11 ialah sebagai konektor jaringan antara device dengan media transmisinya adalah kabel UTP (Unshield Twisted Pair) ataupun STP (Shield Twisted Pair). Jika kalian belum pernah melihat wujud dari benda ini, kalian bisa searching di google.com, ataupun kalian bisa melihat langsung biasanya ada di kedua ujung kabel UTP ataupun STP.



RJ-45



RJ-45 ini sudah sangat familiar dikalangan orang IT ataupun anak SMK berjurusan TKJ. RJ-45 ini sering sekali ditemui pada jaringan kecil maupun besar. Karena RJ-45 ini adalah benda yang sangat penting, yang sangat harus ada saat kalian membuat jaringan. Jika kalian tidak mempunya RJ-45, kalian tidak akan bisa membuat satu jaringan, karena tidak ada konektor antara device satu dengan device yang lainnya.

RJ-45 ini berfungsi sebagai konektor device seperti PC, Laptop, Switch, Hub, Router, dan Alat alat jaringan lainnya. Jadi wajar saja kalau benda ini sangat sering sekalli dijumpai oleh orang orang IT. Cara penggunaan RJ-45 ini tergantung pemakaiannya. Maksudnya pemakaian berbeda beda , contohnya jika kalian ingin menghubungkan kedua device yang sama maka kalian harus mengatur kabelnya menjadi Cross-Over, jika kalian ingin menghubungkan kedua device yang berbeda maka kalian harus mengatur kabelnya menjadi Straight-Over . Maka dari itu kalian harus banyak membaca dan menghafal warna warna yang harus disusun sesuai urutannya.



RJ-11



Untuk RJ-11 ini, mungkin orang orang awam seperti anak SMK jaran melihat ini, karena disekolah sekolah SMK menurut saya jarang yang memakai Kabel Telepon sendiri. Jadi RJ-11 ini adalah sebagai konektor antara device dengan Telepon. Jadi berbeda dengan RJ-45, jika RJ-45 berfungsi sebagai konektor antar device, tetapi RJ-11 ini berfungsi sebagai konektor antara device satu dengan Telepon. 

Kalau kalian lihat gambar, sudah terlihat jelas bukan apa perbedaan antara RJ-45 dan RJ-11 ? Ya, RJ-45 mempunyai 6 pin konektor, sedangkan RJ-11 hanya mempunyai 4 pin konektor. Meski begitu, dari 4 pin tersebut biasanya hanya di pakai 2 dari 4 pin yang disediakan. Untuk kabel yang dipakai untuk RJ-11 ini, sama seperti RJ-45, RJ-11 ini bisa menjadi konektor pada media transmisi kabel UTP ataupun kabel STP.

4 komentar untuk "Pengertian Lengkap RJ-45 dan RJ-11"

  1. Iya, sha pun sempat hampir salah membeli kepala ini saat merakit kabel LAN sewaktu SMA. untungnya dikasih tau oleh abang yang jualan kalo untuk LAN pakainya yang RJ45..dan sampai sekarang nda pernah bisa menggunakan tang untuk memasangnya ke LAN. keras nian ^^'

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. Gak keras kok, cuman butuh tenaga aja 😂😂

      Hapus
  2. ternyata banyak sekali pengertian dari rj rj.an ya mas artikelnya sangat keren dan bagus mas

    BalasHapus